Labels

Friday, April 8, 2011

Tips Install Firmware BlackBerry Lewat DOS

Jika instalasi gagal menggunakan loader / desktop manager ada salah satu cara yaitu bisa menggunakan cara dibawah lewat DOS prompt. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi crash/error saat upgrade OS.

Pada dasarnya cara install firmware bb sama saja, tidak ada kriteria khusus seperti install DM.

Firmware BB akan ter install di C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\

Yang perlu diperhatikan jika kita akan melakukan flashing/Upgrade firm BB, salah satu untuk menghindari trouble seperti “No software update is required for your device”

Adalah :
Setiap kali setelah kita install firmware BB, kita harus melakukan delete file vendor.xml atau sebelum melakukan proses flashing, pastikan file vendor.xml harus sudah terhapus/tdk ada di dlm foldernya.
location file vendor.xml C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader

Tips PENTING .. supaya semua program2 Blackberry dapat dijalankan dengan lancar dan sempurna sebelumnya kita harus menginstall soft2 pendukung seperti dotnetFx Microsoft.NET.Framework minimal gunakan versi 2.. last update lebih bagus, dan juga di kompi usahakan harus bersih dari virus.

Step by step Flashing BlackBerry

Ada dua cara untuk melakukan Proses Flashing/update firmware BlackBerry dgn menggunakan Software Desktop Manager

1. under Windows yaitu dengan cara memanggil Soft Desktop Manager yg sdh terinstall di System PC.
2. under DOS yaitu dengan cara memanggil Soft Desktop Manager via Commant Prompt

Yang akan kita bahas disini adalah Cara ke-2, flasing BB dgn Kabel Data USB PC Flashing BlackBerry Under DOS atau Via commant promt “Application Loader Wizard”

ok kita mulai saja ya..
Pasang kabel USB PC ke BlackBerry tanpa batre, tunggu sampai muncul tampilan batre dicoret.

sorot semua perintah ini, lalu copy :

CD \
CD PROGRA~1
CD COMMON~1
CD RESEAR~1
CD APPLOA~1
LOADER /NOJVM

Kemudian Klik Start –> Run –> Ketik CMD –> klik OK

Selanjutnya akan keluar jendela DOS, lalu klik kanan –> paste –> kemudian enter

Setelah itu, akan muncul program “Application Loader Wizard” seperti ini : .. Klik Next

akan muncul koneksi USB PIN dari BB yg terpasang … Klik Next

Muncul daftar pilihan aplikasi, jika ada yg ingin ditambahkan, tinggal pilih.. jika tidak kosongkan saja…. Klik Next
program memberikan pilihan, jika msh ada yg kurang bisa setting kembali, jika sudah yakin Klik finish..

Load JVM dan system software.
proses erasing applications sedang dilakukan….tunggu saja ..

pada tahap ini “wait for device to initialize” masukan batre pada BB
kondisi batre harus penuh/terisi volt yg cukup, hati-hati jangan sampai koneksi USB PC dgn BB terputus.

Proses flasing/update sedang dilakukan… tunggu sampai selesai..
Jika proses sudah selesai… tunggu sampai BB booting dengan normal.
setelah BB hidup dgn normal silahkan cabut kabel USB nya

Perbedaan Capacitive & Resistive Touchscreen

Saat ini banyak perangkat elektronik pribadi a.k.a gadget, khususnya Handphone menggunakan touchscreen. Ada dua jenis (sebenarnya banyak) tipe touchscreen yang saat ini menggempur pasaran, capacitive & resistive.

Jadi apa bedanya?

1. Cara Kerja

Capacitive : bekerja dengan cara mengukur interaksi antara sinyal elektrik pada transparent grid di atas layar dan jari tangan pengguna

Resistive : bekerja dengan cara memanfaatkan dua lapisan tipis transparan di atas layar dan mengukur perbedaan resistensi antara kedua lapisan saat disentuh

2. Kelebihan dan kekurangan

Capacitive : sangat ‘smooth’ untuk dioperasikan karena hanya membutuhkan keberadaan jari tangan, tanpa tekanan. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90% dan bila terkena paparan sinar matahari tidak mempengaruhi kualitas tampilan. Namun kelemahannya adalah tidak mendukung penggunaan stylus. Terlebih lagi jenis layar sentuh yang ini tidak bisa digunakan sama sekali saat menggunakan sarung tangan/hand schöen.
Hal ini cukup menyulitkan para pendaki gunung, orang-orang yang hidup di suhu dingin atau ekstrim dingin; tenaga medis yang stand by saat sedang mengenakan hand schöen; orang yang memelihara kuku panjang untuk fashion atau memainkan suatu jenis alat musik tertentu dsb karena penggunaan kuku tidak bisa pada jenis capacitive; orang yang senang metode input text tertentu seperti handwriting menggunakan stylus; dan rider atau backpacker yang berkelana dengan sepeda motor karena tidak efisien bila harus membuka sarung tangan terlebih dahulu untuk menerima telepon, atau melihat ‘map’ (navigasi) di layar saat berkendara.

Resistive : sensitif terhadap tekanan, mendukung penggunaan stylus, plectrum, dan benda sejenisnya. Tidak ada pengaruh walaupun menggunakan sarung tangan yang tebal. Lebih murah dibuat namun tidak mendukung multi finger touch (jika pengguna menyentuh layar dengan lebih dari 1 jari, gadget tidak bisa menentukan posisi sentuh dengan akurat). Tampilan layarnya tidak sejernih jenis capacitive. Pada beberapa gadget terbaru sistem resistive sudah dimodifikasi dengan adanya kinetic scrolling sehingga memudahkan proses geser halaman seperti pada sistem capacitive i-phone.